Sabtu, 30 Oktober 2010

Po Piz (babytv.com) Bday Cake for KENZIE - Chocolate Modelling

Birthday Cake orderan kali ini Costumer sebenarnya minta BlackForest yang diCover sama Fondant.
Tapi sepanjang pengetahuan ku and setelah baca2 di Milist NCC, sebenarnya Fondant itu musuhan sama BF karena tipe BF ini full cream yang notabane kudu harus masuk Kulkas, secara fondant kan nggak boleh masuk kulkas...

 

 
So.. setelah aku infokan panjang lebar tentang hal tsb, Costumer cuman bilang dia suka sama BF or Chocolate Cake yang pake cream and kepengen ada decorasi cantik di atas Cakenya.. Sehari setelah itu beliau langsung kasih contoh gambar figurine yang ingin ditampilkan di Cakenya...
Ya sudah... sekalian aku belajar Chocolate Modelling, nggak ada salahnya toh BF diCover sama ChocMod.

  

 
Oiya resep ChocMod yang aku praktekkan itu dari postingan-nya mba Vero_yess (Veronica May... thanks banget ya mba Vero) and blog walking plus konsul sedikit ke mba Rina Rinso mengenai penampakan step by step how to make ChocMod. (Thanks juga ya mba Rina... blog-nya informatif banget deh..)

  

 
H-2 : beli bahan2 baku untuk bikin ChocMod and sekaligus mengeksekusi resep ChocMod tsb
H-1 : Mulai berjibaku di Dapur tepat setelah shalat magrib. Eksekusi Cake, mulai dari baking, melapisi tiap lapisan cake dengan Chocolate WhippedCream and Dark Cherry and  sampai seluruh cake dilapisi Chocolate WhippedCream. And bikin Figurine dari ChocMod.
Sekitar jam 12 dini hari Cake sudah cantik diDecor dengan ChocModelling. And siap untuk diambil besok pagi (Sabtu, 30 Oktober 2010)

  

 
Di Bawah ini resep ChocMod (untuk Eksekusi-ya pilih salah satu saja yaaa...) and beserta foto2 step by step ala IbuMamah.

 
Untuk Dark Cooking Chocolate :
  • 1 kg Dcc
  • 300 gr Glukosa
  • 50 gr Air Matang

 
Untuk Milk Cooking Chocolate :
  • 1 kg Mcc
  • 200 gr Glukosa
  • 40 gr Air Matang

 
Untuk White Cooking Chocolate / Passionatta / Cholatta :
  • 1 kg Wcc/Passionatta/Colatta
  • 150 gr Glukosa
  • 35 gr Air Matang

 
Caranya :

 
1. Cincang kasar Chocolate, lalu lelehkan dengan cara di Tim.
Untuk WhiteChoc sebaiknya air-nya jangan sampai mendidih, supaya WC bisa meleleh dengan sempurna

 

 
2. Campur air + glukosa, panaskan dengan cara di Tim hingga larut, lalu aduk rata. Sisihkan.

 

 
3. Tuang adonan Glukosa kedalam adonan Chocolate Tim, keduanya harus dalam kondisi panas.  

 

 
4. Aduk-aduk sambil sedikit diperas-peras sampai terlihat minyak memisah dari padatan.
Pisahkan minyak dari padatan kewadah yang lain.

 

 
5. Bungkus ChocMod dengan plastikWrap, lalu diamkan/simpan 1 hari pada suhu ruang atau 2 jam di frezzer. Hingga mengeras. ChocMod siap dibentuk aneka figurine. Sama halnya dengan meng-Handle Fondant, supaya tidak lengket ditangan, kita bisa menggunakan Maizena or sarung tangan Plastik (BUKAN dari bahan KARET)

 
Note :
  • ChocMod akan lentur kembali setelah kita uleni (seperti fondant) dan diberi tambahan pewarna makanan merk apasaja (Oily based or Coloured Powder Recommended).
  • Figurine yang sudah jadi bisa simpan di kamar dgn kondisi suhu sejuk. Tidak akan berubah bentuk kok. Atau kalau kondisi cuaca pada saat itu sedang terik sekali, bisa disimpan di kulkas (rak bawah saja).
  • Keuntungan ChocMod ini, lebih lentur dan Elastis dibandingkan dengan Fondant and rasa dari ChocMod ini juga tidak semanis Fondant. Selain itu ChocMod tidak "musuhan" dengan kulkas.
  • Kekurangannya lebih cepat mengeras walaupun sudah kita tutup adonan yang tidak terpakai dengan PlastikWrap. And perlu tenaga ekstra untuk menguleni adonan ChocMod ini.
Selebihnya tergantung selera yaaa....

 

4 komentar:

  1. hebat luar biasa dechhhhh 2 jempol

    BalasHapus
  2. maaf mbak... numpang tanya... glukosa itu kayak gimana ya penampakanx ???
    maklum baru pemula nih . . .
    makasih ya mbak...

    BalasHapus
  3. @mba Sri Eka Ratnawati : Glukosa itu berbentuk cairan yang super kental layaknya madu. Tapi bukan madu yaaa... rasanya juga muaniiiss seperti gula yang dicairkan tanpa tambahan apapun.
    Smoga terbayang yaa ;)

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails