Jumat, 17 Oktober 2014

Boiled Egg (Telur Rebus)



Utuk memasak telur rebus itu sangatlah mudah loh. Yang kita hanya perlukan adalah memastikan jenis telur rebus apa yang diinginkan.
Kalo di keluarga saya sih... terutama Iren (anak kedua), sangat memfavoritkan telur yang meleleh tengahnya a.k.a telur setengah matang  

Berikut ini jenis-jenis atau tingkat kematangan telur rebus :
  1. Hard boiled (telur rebus matang) - telur yang direbus selama kurang lebih 12 menit, kuning telurnya padat sempurna.
  2. Soft boiled (setengah matang) - telur yang hanya memerlukan waktu 5 menit untuk merebusnya, kuning telurnya masih encer.
  3. Medium boiled (telur rebus sedang) - telur yang direbus pas 7 menit, kuning telurnya tidak terlalu cair dan tidak terlalu padat.



Hard boiled.
Telur yang dimasak dengan teknik ini akan menghasilkan hasil terbaik apabila telur yang direbus telah berumur beberapa hari. Telur akan mudah dikupas. Rebus dengan air dingin, tambahkan cuka sebanyak satu sendok makan dan 1/2 sendok teh garam untuk menambah rasa dan menjaga agar putih telur tidak rusak. Gunakan api besar, dan masukkan telur. Sebelum mendidih, kecilkan api selama beberapa detik. Rebus selama maksimal 12 menit.


Soft boiled.
Telur yang dimasak dengan cara ini kuning telurnya akan cair seperti susu kental. Merebusnya butuh waktu tak lebih dari 5 menit. Jika suka, tambahkan garam dan cuka. Setelah 5 menit, tiriskan airnya. Siram telur-telur tersebut dengan air dingin selama 30-60 detik. Kalau mau lebih sederhana, cukup siram telur dengan air mendidih sekitar beberapa menit.


Medium boiled.
Teknik masak telur seperti ini akan membuat kuning telur tidak seencer soft boiled dan tidak sepadat hard boiled. Cara membuatnya tidak sulit. Cukup masukkan beberapa butir telur ke dalam panci yang berisi air mendidih. Sebaiknya, rebus telur maksimal 8 butir dalam satu panci sedang. Rebus telur-telur selama 7 menit, lalu rendam di dalam wadah berisi air es. Cobalah untuk mengupasnya, jika masih sulit dikupas, rendam kembali telur dalam air es.


Selamat merebus Telur yaaa... ^_*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails