Minggu, 17 Juli 2011

Juice Buah Dengen


Nama buahnya lucu yaaaa...
Boleh percaya atau tidak, tapi ini memang nama asli buah tersebut loch.. Meski nama buah ini cukup Unik (menurut ku), tapi jangan diragukan kesegaran buah Dengen ini yaaa... Kalo digambarkan dengan kata-kata, buah unik ini citarasanya mirip perpaduan jeruk kecut + markisa + pepaya. Pokoknya suegeeeer dweeh...

Buah Dengen (Dillenia Serata) adalah buah endemik yang banyak tumbuh di wilayah Luwu Timur, termasuk di tepian Danau Matano. Bentuk, ukuran, dan rasa buah dengen hampir sama dengan jeruk. Uniknya, jika sudah matang, kulit buahnya akan terbuka sendiri layaknya kelopak bunga. Meski sudah masak, dengen terasa sangat masam bila dimakan secara langsung.

Kalo nggak salah sih, saat ini buah Dengen sudah mulai dikembangkan oleh masyarakat dan pemerintah setempat, yaitu pengolahan buah dengen menjadi minuman kemasan siap konsumsi loch.

Anyway, berikut penampakan buah Dengen yang sempat jadi salah satu hidangan yang aku perkenalkan sama MamaBogor sewaktu berkunjung ke Sorowako.... Daaaannn... sekaligus oleh-oleh buat my lovely sister di Jakarta.

*) Datin (MamahBogor) sedang berpose dengan buah Dengen hasil hunting di pinggir Danau Matano.


*) Datin lagi dikerubutin 2 cucu yang penasaran & yang nggak sabar mau menikmati jus buah Dengen


1 komentar:

  1. Shiiip sueger rek, juice Dengen mirip markisa. Gak usah beli, di Karebbe juga banyak. Saya asli Surabaya sedang menikmati juice Dengen di Sorowako

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails