Selasa, 22 Juni 2010

Tiramisu Ekonomis ala IbuMamah

Tadinya ini kue dibikin untuk acara perpisah dengan salah satu teman Ridha Reza yg akan ikut suaminya pindah ke Bandung and.... sekalian Tante Mirna Rifai yang kebetulan berUlang Tahun.

Kenapa dibilang Ekonomis...??? Soalnya dari 1 resep Sponge Cake Tiramisu, aku jadikan 2 loyang ukuran 20x20 cm. Udah gitu creamnya juga bukan dari perpaduan Mascarpone, melainkan dari Kraft Parut yang aku tim bersama CoklatPutih and dicampur kedalam Whippy bubuk yg dikocok kaku bersama UHT.

Aku jadikan Ekonomis dengan mengoles Cream-nya tidak terlalu tinggi, supaya bisa jadi 2 Cake... kan soalnya Eventnya juga ada 2 ... Perpisahan sekaligus Milad... kikikikikikk...

Naaah... ini sebagian yang sempet ke Foto, sebelum ludes disikat sama ibu2... hehehehehe

Bahan Cake

Bahan A
  • 6 kuning telur
  • 3 putih telur
  • 75 gr Gula pasir
Bahan B (diAyak)
  • 75 gr Terigu Segitiga Biru
  • 10 gr Susu bubuk (aku pake Dancow yaa)
  • 1/4 sdt Baking Powder (aku pake merk Hercules)
Bahan C
  • 75 gr Butter or Blueband
  • 100 gr Coklat Blok Putih
Cara:
  1. Lelehkan Bahan C, jangan sampai mendidih yaa. Sisihkan
  2. Kocok Bahan A hingga mengembang sempurna (Jambul Petruk)
  3. Masukkan ayakan Bahan B, aduk rata. Hati2 jangan terlalu lama yaa, biar adonan tidak jadi bantat.
  4. Masukkan Bahan C, aduk balik hingga tercampur rata.
  5. Tuang kedalam loyang (20x20x4cm) yang sudah dioles mentega dan dialasi dengan kertas roti.
  6. Panggang hingga matang selama kurang lebih 15 s/d 20 menit, suhu 375'F or 180'C
  7. Keluarkan dari Oven, diamkan sebentar lalu keluarkan dari loyang and biarkan cake dingin di atas rak kawat. Sisihkan.
  8. Bagi/belah cake menjadi dua bagian. Sisihkan 
Bahan Adonan Cream Tiramisu
  • 200 gr Bubuk Whippy Cream
  • 400 ml Susu Ultra Cair yang dingin
  • 100 gr Tiramisu Bubuk
  • 2 sdm Keju Kraft Parut
  • 2 sdm Gelatin bubuk, larutkan dengan 1 sdm air matang
  • 75 gr White Chocolate Blok (Colatta)
Bahan Sirup (untuk diciprati ke atas Cake) :
  • 1 Sachet Kopi instant Nescaffee (aku pake Indocaffe), larukan dengan air panas sesuai takaran
  • 1 sdt Rum (aku skipp and ganti dengan 2 sdm Jus Apple Buahvita)
Cara :
  1. Kocok Whippy bubuk, susu ultra & Tiramisu bubuk hingga kaku. Sisihkan
  2. Tim gelatin yg sudah dilarutkan dengan air bersama dengan kraft parut dan White coklat blok hingga coklat & keju meleleh.
  3. Masukkan kedalam kocokan Whippy, lalu aduk rata.
  4. Tuang ke atas masing Cake yang sudah diciprati atasnya dengan air sirup. Oiya cake yg udah dibagi dua tadi, aku masukkan kedalam loyang kembali or bisa juga dimasukkan ke dalam pirex or tupperware.
  5. Masukkan kedalam freezer hingga adonan cream-nya "Set" (kaku). Setelah cream-nya kaku lalu tabur atas-nya dengan coklat bubuk + kayumanis bubuk (perbandingan 2:1)
Selamat mencoba yaaa....
NB : Kalo cake yg di Blog aku, cakenya aku tambahkan segenggam kismis yg aku cincang kasar.

2 komentar:

  1. Assalamualaikum, ibumamah....:)
    resepnya boleh dicoba,nih...tp,aku mw nanya, gelatin bubuknya contoh mereknya apa,ya..?soalnya belum pernah bikin kue/puding pake gelatin,so gak tau....hheheh

    BalasHapus
  2. Wa'alaikum salam wrwb.
    Silahkan resepnya dicoba yaa..
    Ini informasi mengenai gelatin:
    http://halwasakeenah.blogspot.com/2010/01/youneedtoknow-gelatin.html

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails