Rabu, 07 Juli 2010

Butter Roll Bread (Roti Boy) ala IbuMamah DewiNik

Original Recipe taken from Orchid Butter Booklet


BUTTER ROLL with COFFEE TOPPING

 
Bahan Roti:
  • 75 gr Orchid Butter (aku pake yg salted)
  • 25 gr Susu bubuk full cream (aku pake Dancow)
  • 300 gr Terigu protein tinggi
  • 100 gr Terigu protein sedang
  • 50 gr Gula pasir
  • 8 gr Ragi instant
  • 2 Kuning Telur
  • 210 ml air es (aku ganti dengan Susu ultra cair dingin)
  • 1 sdt garam

 
Bahan Isi:
  • 150 gr Orchid butter, bagi menjadi 25 bagian @6 gr, simpan dalam freezer

 
Bahan Topping:
  • 75 gr Orchid Butter (aku pake yg salted) - masukkan ke kulkas sebentar.
  • 25 gr Susu bubuk full cream (aku pake Dancow)
  • 100 gr Gula Tepung (aku pake icing sugar)
  • 1 Butir Telur ayam utuh
  • 1 sdm kopi instant + stengah sdm air panas, larutkan, dinginkan
  • 75 gr Terigu protein rendah (tapi aku pake protein sedang)

 
CARA:

 
Roti:
  1. Aduk asal rata Terigu, susu bubuk, gula pasir, ragi instant. Masukkan telur and air es (susu dingin) sedikit2 sambil dikocok sampai kalis.
  2. Masukkan Orchid Butter dan garam, sambil terus diuleni (dikocok) hingga adonan elastis. Diamkan 30 menit.
  3. Kempiskan adonan. Timbang masing2 40 gr. Bulatkan, diamkan kembali 10 mnt.
  4. Kempiskan adonan kecil lalu isi dgn butter yg sudah beku, Bulatkan kembali dan Diamkan kembali selama 70 mnt.

 
Topping:
  1. Kocok butter dinggin dan gula tepung 10 mnt saja (jgn terlalu lama)
  2. tambahkan telur dan larutan kopi instan, kocok kembali hingga rata.
  3. Masukkan terigu dan susu bubuk yang sudah diayak, aduk2 perlahan asal saja hingga rata tercampur.
  4. Masukkan dalam kantong plastik segitiga, lalu semprotkan ke atas roti.
  5. Oven Roti selama 10 s/d 13 mnt dengan suhu 190 derajat Celcius sampai matang and wangi.

 
SLAMAT MENCOBA yaaa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails