Sabtu, 11 Juni 2011

Tentang Bolu Gulung (BolGul)

Apa itu BolGul (Bolu Gulung) ??


Kalo menurut penalaran saya nih... Bolu Gulung sebetulnya sama saja dengan cake biasa baik itu melalui proses Pemanggangan atau Pengukusan. Hanya bentuknya saja yang diGulung. Nah untuk bisa digulung tentu ada syaratnya dwonk...


Misalnya,
  • Komposisi harus dibuat sedemikian rupa hingga kue menjadi lentur. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk membuat BolGul yang berbahan Putih Telur saja, yang notabene bertekxture kurang lentur Asaaall kita tahu kondisi yang tepat untuk menggulung Cake PuTel ini.
  • Cairan yang dipakai pun harus cukup perbandingan supaya cake tidak kering.
  • Syarat lainnya, pengovenan harus tepat waktunya. Temperatur harus cukup panas, dengan begitu cake cepat matang sebelum menjadi kering.

Kalo syarat tadi terpenuhi, cake pasti berhasil digulung.


Kapankah waktu yang tepat untuk menggulung Cake tersebut..?? Naaaahhh... di bawah ini saya tuliskan beberapa hal yang sempat saya perhatikan selama pembuatan BolGul agar bisa tampil cantik setelah digulung.
  • Full Kuning Telur yang dipanggang bisa digulung pada saat suam kuku atau bahkan dingin, karena teksture-nya sangat lentur.
  • Campuran kuning+putih yang dipanggang sebaiknya pada saat masih suam kuku. Tapi bisa juga pada saat dingin, asalkan permukaan yang ingin ditampilkan itu harus kering sempurna agar tidak menempel dikertas pada saat proses penggulungan.
  • Full Putih telur yang dipanggang sebaiknya digulung pada saat suam kuku saja. Kalo digulung pada saat dingin akan sangat sdikit sulit, karena texturenya kurang lentur.
  • BolGul kukus (untuk semua jenis adonan) sebaiknya digulung pada saat suam kuku. Seperti halnya yang Full PuTel, adonan yang dikukus ini kurang lentur kalo digulung pada saat dingin.

Bolu Gulung Putih Telur yang diPanggang



Pada awalnya Bolu Gulung ini tampil sederhana saja loh.. alias hanya dalam bentuk gulungan. Kalaupun dihias, paling-paling hanya ditutup dengan butter cream atau ditabur dengan meises.



Tapi sekarang ini BolGul ini bisa tampil "Meriah", hingga bolu yang sebenarnya sudah cantik karena tergulung itu, makin indah lagi penampilannya.


Menampilkan Bolu Gulung menjadi indah pun bisa dilakukan dengan banyak cara. Misalnya dengan permainan isi, permainan cakenya sendiri yang diberi aneka warna atau motif (motif sulur, marble atau lainnya). Bisa juga dengan memberi lapisan. Jadi bolu gulung tumpuk dua atau tumpuk tiga.
Bila ingin menampilkan corak batik or yang lainnya, pada saat proses penggulungan motif tsb harus berada diatas.



Tapi kalo kita mau menampilkan corak yang lain.. penggulungan cake-nya bisa dibalik, maksudnya lapisan atas yang kena api atas bisa diletakkan didalam gulungan yang beroleskan selai/krim.

(Contoh BolGul Panggang campuran kuning+putih telur yang dibalik pada saat proses penggulungan) - Sekilas penampakannya mirip dengan BolGul Kukus yaaa...


Sekedar tips saja yaaa... Bolu Gulung sebaiknya disajikan sudah dalam bentuk terpotong supaya corak isi maupun bolunya yang cantik terlihat jelas.


Sumber :
  • Pengalaman Pribadi selama membuat Bolu Gulung
  • Diskusi via Milis NCC
  • Artikel dari Majalah Sedap 6/X/2009

1 komentar:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails