Senin, 18 Oktober 2010

Roti-roti Manis Kecil (Cinnamon, Keju, Coklat, dll)

Biasanya kalo mau bikin Roti manis aku lebih senang pake resep dari NCC, tapi hari ini aku mau nyobain bikin Roti-roti manis dari resep yang lain. And ternyata texture-nya juga lembut loh... Apa mungkin karena ada beberapa item bahan yang aku modif kali yaaa...
Anyway, dibawah ini penampakan dari para Roti-roti Mini tsb yaaa...


Original Recipe from Orchid Butter Booklet

Bahan A
  • 300 gr Terigu Protein Tinggi (aku pakai Cakra Kembar)
  • 100 gr Terigu Protein Sedang (aku pakai SegiTiga Biru)
  •   25 gr Susu Bubuk Indomilk-Full Cream (aku pakai Dancow bubuk Full Cream)
  •   50 gr Gula Pasir
  •     8 gr Ragi Instant
  •     2 Kuning Telur
  •     1 Putih Telur
  • 210 ml Air Es (aku pakai Susu UHT cair yang duiiingiiinn)
Bahan B
  • 75 gr Orchid Butter (aku pakai Wisjman)
  •   1 sdt Garam
Bahan yang aku tambahkan adalah
1/2 sdt Bread Improver (aku pakai S500) - Optional saja yaaa...


CARA :
  1. Masukkan Bahan A (bahan yang kering) kedalam wadah kering, aduk sebentar biar tercampur rata lalu buat lubang ditengahnya.
  2. Masukkan bahan Cair (Telur & Susu) sdikit-sdikit sambil diaduk menggunakan tangan or Mixer hingga adonan kalis.
  3. Masukkan Bahan B kemudian uleni kembali hingga adonan menjadi Kalis Elastis. Maksudnya ambil sdikit adonan lalu kita bentangkan di Udara hingga menyerupai lembaran kertas yang tipis sekali and tidak sobek. Kalo masih sobek, lanjutkan kembali hingga adonan benar-benar Kalis Elastis.
  4. Bulatkan adonan lalu diamkan selama 30 menit.
  5. Kempiskan adonan yg sudah diDiamkan tadi Lalu timbang masing-masing 40 gr. Bulatkan kembali dan Diamkan 10 menit
  6. Kempiskan adonan lalu isi sesuai selera, rapatkan dan bentuk sesuai selera, letakkan adonan yang sudah diIsi dan dibentuk kedalam Loyang yang sudah diOlesi Mentega tipis saja. Kemudian Diamkan kembali selama 30 s/d 60 menit tergantung kehangatan udara.
  7. Setelah terlihat mengembang ringan, olesi atasnya dengan kuning telur kocok, panggang selama 20 menit, suhu 180 hingga terlihat keemasan. Angkat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails